The Body Shop Himalayan Charcoal Body Clay, Solusi Badan Capek dan Hari yang Berat

Pict from thebodyshop.com.cy
Seminggu yang lumayan berat, sampai-sampai banyak kegiatan rutin yang akhirnya terbengkalai, salah satunya ya video call bareng teman gank masa SMA dulu, yang biasanya kami lakukan di hari Sabtu malam. Chit-chat kami di grup WhatsApp pun berkurang. Padahal, guyon sama mereka itu jadi semacam obat stress buat saya. Mungkin karena itu, capek di badan ini jadi lebih berasa ketimbang saat menjalani hari-hari berat di minggu sebelumnya.

Sore ini, saya memutuskan untuk mandi air dingin saja. Selain karena Kota Malang lagi panas banget belakangan ini, juga agar air mandinya bisa bikin hati dan kepala ikut dingin. Ingat soal dingin, jadi ingat juga kalau saya masih punya Himalayan Charcoal Body Clay dari The Body Shop yang sudah lama banget tak pernah saya pakai. Saya ambil kemasannya yang berupa tube, dari barisan paling belakang susunan produk toiletris.

Picture by dewiratna.co

"Ya ampon, sampe luntur gini stikernya!" saya mulai monolog, sambil mengutuki kebodohan karena sudah menelantarkannya selama ini.

Saya mulai menyalakan shower, membiarkan air dingin membasahi kepala dan badan. Seperti kegiatan mandi pada umumnya: shampoo, sabun muka, sabun badan, bilas. Setelah itu, saya keringkan badan dulu, lalu lanjut pakai conditioner, baru kemudian membalurkan Himalayan Charcoal Body Clay ke seluruh tubuh. Produk ini sebenarnya bisa dipakai di bagian-bagian yang dirasa sangat lelah saja, tapi entah kenapa, sore ini saya ingin mengaplikasikannya dari leher sampai ujung kaki. Produk ini bukan untuk wajah loh!

Khasiat Himalayan Charcoal Body Clay

Seperti yang banyak dituliskan di artikel kecantikan, serbuk arang merupakan rahasia kecantikan Asia kuno yang terbukti mampu mengeluarkan kotoran dari kulit, hingga ribuan kali massa-nya sendiri. Secara tradisional, serbuk arang dapat digunakan untuk menarik keluar ketegangan dari dalam pikiran juga, menghilangkan stres dan menenangkan. Percaya tak percaya, Himalayan Charcoal Body Clay ini memang berhasil bikin happy lagi, setelah seharian murung dan malas melakukan apapun.

Tekstur tanah liat | Pict: dewiratna.co

Penggunaan clay atau masker tubuh dari tanah liat ini menjadi bagian dari ritual relaksasi saat kita butuh jalur cepat menuju ketenangan. Produk ini juga ampuh menghilangkan kotoran dan melembutkan kulit agar terasa lebih bersih. Setelah pemakaian, kulit tidak terasa kering, tapi tetap saja menuntaskannya dengan body lotion, agar kulit tetap terhidrasi. Sebagai catatan, body lotion bukan hanya untuk dipakai saat kita akan keluar rumah saja loh. Meski hanya akan menghabiskan waktu di dalam rumah, kulit kita tetap butuh produk yang satu itu untuk menjaga kelembabannya.

Ingredients Himalayan Charcoal Body Clay

The Body Shop Himalayan Charcoal Body Clay ini sendiri mengandung bahan-bahan yang sudah dituliskan lengkap dalam website resmi thebodyshop.com. Namun saya akan menyalinnya kembali dalam tulisan ini, supaya kamu tidak kerepotan cari-cari lagi.

Kaolin (Absorbent), Aqua/Water (Solvent), Alcohol Denat. (Solvent), Charcoal Powder (Absorbent), Glycerin (Humectant), Propanediol (Viscosity Controlling Agent), Hectorite (Opacifying Agent), Isostearyl Lactate (Emollient), Parfum/Fragrance (Fragrance Ingredient), Salicylic Acid (Preservative), Caprylyl Glycol (Humectant), Phenoxyethanol (Preservative), Sesamum Indicum Seed Oil/Sesamum Indicum (Sesame) Seed Oil (Skin Conditioning Agent), Xanthan Gum (Viscosity Controlling Agent), Menthyl PCA (Humectant), Salix Alba Bark Extract/Salix Alba (Willow) Bark Extract (Skin Conditioning Agent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Menthol (Fragrance Ingredient), Sodium Hydroxide (pH Adjuster), Dipropylene Glycol (Humectant), Geraniol (Fragrance Ingredient), CI 77499/Iron Oxides (Colour).

Nah, dari sedemikian banyak bahan yang terdapat dalam Himalayan Charcoal Body Clay ini, wajib banget kita perhatikan kalau-kalau ada salah satu atau beberapa yang mungkin tidak bersahabat dengan kulit kita.

Well, sepanjang beberapa kali pemakaian sih tak ada efek yang buruk buat kulit saya yang memang tergolong normal ini. Ya, kulit saya memang tidak kering maupun sensitif. Nah, buat kamu yang merasa kulitnya sensitif, cari tahu dulu deh satu per satu penjabaran dari tiap bahan di atas.

Cara Pakai Himalayan Charcoal Body Clay

  • Balurkan tipis pada kulit menggunakan Spa of the World™ Body Mask Brush kalau punya. Kalau tidak punya, ya pakai tangan saja tak masalah.
  • Fokuskan pada bagian kulit yang kusam dan tampak lelah. Saya seringnya pakai di seluruh bagian tangan dan betis. Untuk sebadan juga tak masalah, tapi hindari wajah dan area sensitif.
  • Biarkan masker tubuh mengering dan bekerja pada tubuh selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih, tanpa perlu menggunakan sabun.

"Charcoal Body Clay sebaiknya diaplikasikan dengan Body Mask Brush untuk hasil yang merata dan sensasi yang menyenangkan selama aplikasi. Setelah mengaplikasikannya, maksimalkan efek pemurniannya dengan membungkus bagian tersebut dengan handuk hangat," tips dari Vanda Serrador, facialist dan ahli perawatan tubuh dari The Body Shop.

Sensasi Dingin dan Aroma Himalayan Charcoal Body Clay

Ada sensasi mint yang bakal kamu rasakan setelah beberapa detik diaplikasilan. Seperti minyak gosok yang bekerja seolah memijat, itulah sensasi yang terasa pada tubuh yang dibaluri Himalayan Charcoal Body Clay ini.

Jangan khawatir baunya bakal seperti minyak gosok atau pasta gigi, karena produk ini punya aroma rempah-rempah. Mungkin perpaduan ini yang bikin badan jadi terasa lebih relax, dan akhirnya berpengaruh menjadikan pikiran lebih tenang.

Sensasi dingin bahkan setelah dibilas
Pict: dewiratna.co

Overall, The Body Shop Himalayan Charcoal Body Clay ini recommended banget buat kamu yang sedang butuh relaksasi. Coba sendiri deh!

Comments