Dari Kinan Kita Belajar, Ingin ke Cappadocia Tak Perlu Tunggu Diajak Mas Aris

 

It's my dream, mas. Not hers!

Kalimat yang belakangan bergaung di mana-mana ini diambil dari sepenggal adegan dalam serial Layangan Putus yang tayang di WETV. Momen di mana sang istri, Kinan mendapati bukti perselingkuhan sang suami, Aris dengan seorang psikolog muda, Lidya Danira.

Di cerita sebelumnya, Kinan pernah cerita pada Aris bahwa dia punya mimpi yang mungkin lucu. Kinan bahkan takut ditertawakan saat akan menyampaikan mimpinya ini. Ya, Kinan hanya ingin naik balon udara di Cappadocia. Aris tertawa, tapi dia menyanggupi itu.

Waktu berselang, sang selingkuhan ingin bukti bahwa posisi dia sama dengan Kinan di hati mas Aris-nya. Sebagai pembuktian bahwa Lidya istimewa, Aris mengajaknya ke Cappadocia, karena itu adalah mimpi Kinan. Seistimewa itu Lidya sehingga bisa mendapatkan mimpi Kinan.

If It's Your Dream, Then Reach It, Do It Yourself!

Sebelum Deddy Corbuzier viral dengan video 'it's my dream'-nya, saya juga berpikir sama tentang 'fu**ing do it yourself' untuk meraih mimpi itu. Almarhumah tanteku pernah mendudukkan aku berdua saja dengannya, hanya untuk mengingatkan aku bahwa perempuan bukan sosok yang lemah.

"Perempuan harus mandiri, berjalan di atas kaki sendiri. Kita nggak pernah tahu kapan jodoh kita berakhir dengan pasangan kita. Bukan 'ndhisiki kerso', tapi jika hari itu tiba, maka kita nggak perlu takut menghadapinya," begitu kira-kira ujarnya.

Ada dua kemungkinan jodoh kita berakhir dengan pasangan. Entah itu karena dia diambil Tuhan, atau diambil perempuan lain.

Coba kalau Kinan mandiri finansial, dia tinggal tertawa saja saat tahu Lidya Danira cuma dibawa ke Cappadocia. Dengan duitnya sendiri, Kinan mungkin bisa lebih mampu untuk pergi mengajak sang buah hati, Raya ke tempat-tempat yang dia inginkan, sampai ujung dunia sekalipun.

Iya, itu tadi hiperbolis. Maaf, maaf.

Intinya di sini, sebagai perempuan, sebaiknya kita memang juga belajar mandiri secara finansial. Bukan hanya untuk mempersiapkan diri akan kemungkinan apapun yang bisa saja terjadi dan dapat mengubah hidup kita, tapi juga agar bisa mewujudkan apa yang kita inginkan.

Well, kondisi tiap orang memang berbeda-beda. Tidak semua perempuan punya privillege untuk bisa mandiri secara finansial. Entah karena tidak punya waktu karena masih ada anak kecil, tidak punya modal untuk memulainya, atau tidak tahu bagaimana melakukannya.

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Perempuan agar Mandiri Finansial

Berdasarkan pengalaman pribadi, di sini saya akan berbagi informasi, saran, atau tips, pekerjaan apa saja sih yang bisa dilakukan para perempuan agar bisa berdiri di atas kedua kaki sendiri:

1. Berdasarkan Skill

Hal paling mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang adalah dengan mengandalkan skill yang dimiliki. Jika mahir dalam bernyanyi, maka carilah peluang untuk mendapat uang dari situ. Jika jago menulis, carilah lowongan pekerjaan menulis yang biasanya banyak di internet.

Ketahui dulu skill kamu, dan cobalah untuk menghasilkan uang dengan apa yang kamu miliki itu.

2. Berdasarkan Waktu Luang

Biasanya, ibu hamil atau masih punya anak kecil memang lebih susah mendapatkan waktu luang untuk menghasilkan uang sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, bahkan hanya dengan rebahan sambil menyusui, seperti misalnya menjadi dropshiper.

Dengan menjadi dropshiper, kamu bisa berjualan tanpa harus report packing maupun mengirim barang sendiri. Kamu bisa cari informasi lebih detai tentang dropshiper di internet.

3. Berdasarkan Bekal Pendidikan

Mereka yang bersekolah tinggi, apalagi dengan spesialisasi khusus, biasanya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan gelarnya. Jika kamu punya privillege ini, dianjurkan untuk kamu memperbanyak pengalaman kerja sejak muda, terutama di perusahaan yang kredibel.

Kejarlah karir sebelum menikah, sehingga saat sudah berumah tangga, dan butuh untuk bekerja lagi, kamu sudah punya pengalaman yang valid.

4. Berdasarkan Hobi

Pasti ada di antara kamu yang membaca tulisan ini, yang punya hobi seperti melukis, memasak, membuat kue, dan lainnya. Nah, dari hobi itu, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjualnya. Jika belum punya modal untuk membuka toko, etalase online di sosial media bisa jadi solusi.

Kalau hobimu bisa jadi sumber penghasilanmu, pasti akan sangat menyenangkan!

5. Berdasarkan Modal yang Dimiliki

Nah, kalau kamu memang punya modal yang cukup, kamu bisa membuka usaha sendiri nih. Susun dulu business model yang matang, buat plan jangka panjang, hingga strategi untuk mencapai target pendapatan setiap bulannya.

Cara yang satu ini mungkin terdengar berat, tapi selagi ada kesempatan untuk bisa melakukannya, maka lakukan!

Nah, jika sudah tahu pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan agar bisa mandiri secara finansial, jangan lupa juga untuk menabung. Karena, apalah artinya punya pendapatan sendiri jika hanya dihabiskan untuk me time dan self-healing. 

Note: Kecuali jika kamu adalah tulang punggung keluarga, maka mungkin menabung tidak bisa jadi prioritas.

No comments:

Powered by Blogger.