Jangan Panik Dulu, Mama! Flek Saat Hamil Muda Bukan Akhir dari Segalanya

Copyright: Flickr.com
Keluar flek di trimester pertama kehamilan, saat usia kandungan masih sangat muda, pasti bikin shock. Apalagi jika itu adalah kehamilan pertama, tentu kamu bakal panik, bahkan bisa nangis histeris saking takutnya. Tidak begitu yang terjadi pada saya, mengingat di akhir tahun lalu kejadian ini sudah pernah saya alami.

Rasa kecewa dan takut kehilangan (lagi) memang muncul, tapi tak ada kepanikan, apalagi air mata. Dengan sigap namun tenang, saya pergi sendirian ke dokter, seperti yang saya ceritakan di tulisan pertama dalam blog ini. Flek yang saya alami kali ini bukan datang dari rahim yang bermasalah, tapi karena ada luka di luarnya.

Ada beberapa hal tentang flek yang muncul pada perempuan yang sedang hamil muda.
Intinya, 20% perempuan hamil mengalami flek, terutama pada 12 minggu pertama usia kandungan. Mayoritas mereka tetap bisa menjalani prosesnya dengan lancar, hingga bayi lahir sehat. Para calon ibu sebaiknya tak perlu khawatir berlebihan, agar tidak stres dan justru berpengaruh buruk pada kesehatan sendiri.

Mengutip sebagian isi artikel yang saya tulis untuk Vemale.com tentang flek yang terjadi saat hamil muda, bagian terpentingnya, kamu harus tahu apa penyebab flek saat hamil ini.

Di awal proses kehamilan, saat sel telur yang telah dibuahi sedang berusaha menempel di dinding rahim, biasanya terjadi pendarahan ringan atau flek yang terjadi selama beberapa hari. Hal ini seringnya terjadi sebelum kehamilan diketahui, dan bahkan sering dikira merupakan darah haid seperti biasa. Proses ini kebanyakan terjadi di tanggal jadwal haid.

Flek saat hamil juga bisa terjadi karena cervical polyp (benjolan kecil di mulut rahim). Tingginya hormon estrogen di tubuh ibu hamil menyebabkan cervical polyp dan akan mengeluarkan darah karena meningkatnya aliran darah ke pembuluh di sekitar rahim selama kehamilan. Jangan panik moms, karena benjolan tersebut bukan sesuatu yang berbahaya.

Jika terjadi sentuhan di area benjolan tersebut, misalnya saat berhubungan seksual, memang bisa menyebabkan pendarahan. Pemeriksaan dengan alat yang dimasukkan ke mulut rahim juga bisa menjadi pemicu. Selain itu, olahraga berlebihan atau mengangkat barang berat juga bisa menyebabkan bercak darah keluar di awal kehamilan.

Nah, kalau kamu ingin penjelasan yang lebih lengkap soal flek saat hamil muda ini, bisa langsung saja cek di sini:

Flek Saat Hamil, Ada yang Normal dan Perlu Diwaspadai

Nah, kalau saat ini kamu sedang hamil muda, jangan terlalu forsir tenaga ya, mama! Boleh tetap beraktifitas, tapi harus memperhatikan batas juga. Well, congrats anyway untuk kehamilannya!

Comments

  1. Primbon jawa kuno is a blog that provides information about mystical things such as twitches, hunches, the meaning of dreams, the direction of a mate, the direction of luck and many other interesting reviews.

    ReplyDelete

Post a Comment